• MIN 1 BANYUMAS
  • Cekatan Bersahaja
  • minpurwokertobanyumas@kemenag.go.id
  • (0281) 626481, 621260, HP. 081215151521
  • RSS
  • Pencarian

Ekstrakurikuler Wadah Pengembangan Minat dan Bakat

BANYUMAS – Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter Profil Pelajar Pancasila, yaitu berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, mandiri, serta beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia.

Satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler harus dikelola secara sistematis dan terpola agar bermuara pada pencapaian tujuan yang ditentukan. Agar dapat menyusun dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang tersistem dan terpola, madrasah perlu memahami cara dan tahapan penyelenggaraan ekstrakurikuler.

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah, ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

MIN 1 Banyumas menyelenggarakan berbagai ekstrakurikuler yang dikelola dengan sistematis oleh Wakil Ketua Bidang Kesiswaan, Juzairoh, S.Pd.I.. Menurut Juzairoh, setelah dilakukan pendataan terhadap 674 peserta didik kelas I – V dan menghubungi pihak pelatih, baik dari pelatih intern maupun dari luar madrasah, Jumat, 5 Agustus 2022, kegiatan ekstrakurikuler mulai dilaksanakan, baik ekstrakurikuler wajib maupun pilihan.

Ekstrakurikuler wajib yaitu Pramuka yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Ekstrakurikuler pilihan terdiri atas 11 jenis dan setiap peserta didik memilih 1 (satu) ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada hari Sabtu. Ekstrakurikuler pilihan yang dilaksanakan di MIN 1 Banyumas, yaitu tahfidz, tilawah, murottal, hadroh, pidato, padus, karawitan, melukis, voli, catur, dan karate.

“Kami berharap kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan dapat menjadi wahana pengembangan minat dan bakat peserta didik, wahana untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter yang dilakukan dengan rekreatif, yaitu dilakukan dalam suasana gembira dan menyenangkan dengan harapan dapat menunjang proses perkembangan potensi/kemampuan personal peserta didik. Dan terakhir sebagai wahana persiapan karir, yaitu memfasilitasi peserta didik untuk mengembangan bakat dan minat melalui bidang ekstrakurikuler yang diminati.” pungkas Juzairoh.td.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Keutamaan Amalan Bulan Muharram

BANYUMAS – Muharram merupakan salah satu bulan suci umat Islam yang mempunyai keutamaan. Muharam adalah bulan anak yatim. Tanggal 10 Muharram biasa disebut idul yatama atau lebara

11/08/2022 13:54 - Oleh MIN 1 BANYUMAS - Dilihat 21 kali